Dislokasi Sendi Bahu, Apakah Akan Berulang Lagi?

oleh : dr. Belinda Azhari Siswanto dan dr. JB Endrotomo, SpOT

SENDI bahu adalah sendi dengan ruang gerak paling luas pada tubuh karena itu rentan mengalami cedera, salah satunya adalah dislokasi atau bergesernya sendi bahu dari “rumah”­nya. Dislokasi sendi bahu merupakan kondisi yang sering ditemukan    pada anak muda yang aktif berolahraga. Basket merupakan salah satu permainan yang paling sering menyebabkan dislokasi bahu karena gerakan mendadak, ditabrak lawan main, atau jatuh sendiri menahan badan.

Apa yang harus dilakukan pada saat kejadian dislokasi?

Bila kita berada di lapangan, bantuan yang bisa dilakukan adalah pemasangan sling lengan (arm sling)/mitella agar otot didaerah siku dan lengan bawah dapat beristirahat. Jangan diurut atau dicoba untuk memasukkan sendi sendiri bila tidak ada pengalaman karena akan berisiko terjadi cedera saraf dan pembuluh darah. Bawalah segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat dan konsultasikan kondisi Anda dengan dokter setempat. Dokter spesialis ortopedi akan membantu Anda untuk mengembalikan (reposisi) sendi yang bergeser tersebut dalam pembiusan ringan sehingga tidak ada rasa nyeri. Anda dapat pulang setelah prosedur dan tidak perlu perawatan lama. Setelah dinyatakan aman dan sembuh oleh dokter, Anda dapat kembali beraktivitas dan berolahraga dengan baik dan normal kembali.

Apakah saya akan mengalami dislokasi lagi?

Setelah mengalami dislokasi, tidak jarang jaringan lunak penyangga bahu mengalami robekan. Robekan bisa ringan, sedang, atau berat sehingga menyebabkan sendi tidak stabil dan dapat terjadi dislokasi berulang. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari dislokasi berulang.

  1. Hindari adanya gaya langsung pada bahu seperti benturan dan hindari kondisi serupa kejadian pertama.
  2. Menggunakan alat pelindung bahu saat olahraga kontak.
  3. Rutin melakukan latihan untuk memperkuat otot sekitar sendi bahu dan punggung atas.

Pada kejadian dislokasi bahu berulang, diperlukan pemeriksaan lanjutan seperti MRI untuk melihat seberapa besar robekan dan apakah ada tulang rawan yang mengalami memar.

Untuk informasi lebih lanjut dan berkonsultasi mengenai kesehatan tulang, sendi dan otot, Anda dapat berkonsultasi dengan tim dokter ortopedi kami di St Carolus Bone and Joint Center.

Semoga Anda sehat senantiasa.

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.