Fakta dan Mitos: Kesehatan Tulang dan Sendi

oleh : dr. Belinda Azhari Siswanto dan dr. Ifran Saleh, SpOT (K-Spine), FICS

Berikut adalah sejumlah mitos dan fakta seputar kesehatan tulang dan sendi.

Mitos:  Sering membawa ransel berat menyebabkan skoliosis.

Fakta:  Penyebab skoliosis sendiri masih dikatakan idiopatik atau belum diketahui secara pasti, namun beberapa studi yang sudah dilakukan menunjukkan adanya pengaruh genetik atau diturunkan. Jadi faktor eksternal seperti kebiasaan membawa ransel yang berat tidak berhubungan dengan skoliosis.

Mitos:  Tulang belakang pada skoliosis dapat kembali lurus setelah dipijat dan ditarik.

Fakta: Tatalaksana skoliosis beragam dan pada kebanyakan kasus tidak membutuhkan tindakan operasi. Jika sudut kelengkungan minimal, tatalaksana hanya bersifat observatif namun membutuhkan   pemeriksaan berkala. Pilihan lain adalah menggunakan scoliosis brace atau korset khusus. Jika sudut kelengkungan berat atau tidak dapat dikoreksi dengan tindakan non-operatif, barulah tindakan operasi menjadi sebuah pilihan. Memijat dan menarik bagian tubuh bukanlah pilihan pengobatan skoliosis dan tidak dapat memperbaiki sudut kelengkungan tulang.

Mitos: Nyeri sendi selalu disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi.

Fakta: Tidak semua keluhan nyeri sendi disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi. Banyak kondisi lain yang menyebabkan keluhan nyeri pada sendi, misalnya penyakit rematik sendi, adanya peradangan sendi, atau pada proses penuaan sendi. Karena itu sebelum mengkonsumsi obat sendiri, sebaiknya periksakan diri terlebih dahulu agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

Mitos: Kebiasaan membunyikan sendi tangan menyebabkan pengapuran sendi.

Fakta: Nyatanya beberapa studi membuktikan tidak ada hubungan yang relevan antara membunyikan sendi dan proses pengapuran sendi. Bunyi yang muncul saat sendi ditekan disebabkan oleh struktur jaringan ikat sendi yang teregang dan adanya udara pada celah sendi.

Untuk informasi lebih lanjut dan berkonsultasi mengenai kesehatan tulang, Anda dapat menghubungi St. Carolus Bone and Joint Center.

Semoga Anda sehat senantiasa.

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.