Keluhan pada Otot dan Sendi akibat Kekurangan Vitamin C

Oleh: Leonard Christianto Singjie dan dr. Bagus Pramantha, SpOT

NUTRISI yang cukup menjadi salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang wajib dipenuhi oleh tubuh kita.

Walaupun banyak sumber vitamin C di sekitar kita, seperti buah dan sayur, tidak jarang kita mengabaikannya. Kekurangan vitamin C pada waktu yang lama, dapat menyebabkan munculnya keluhan pada tubuh Anda.

Keadaan ini sering dikenal dengan sebutan scurvy. Keluhan yang muncul pada scurvy tidak sebatas pada sariawan, tetapi juga bisa terjadi keluhan pada tulang dan otot Anda.

Nyeri pada tulang dan otot dapat menjadi keluhan yang muncul apabila Anda menderita scurvy.

Pada pemeriksaan oleh dokter, dapat ditemukan adanya pembengkakan pada sendi maupun tulang. Pemeriksaan secara radiologis pada beberapa kasus ditemukan adanya kelainan bentuk pada tulang.

Pemberian vitamin C dengan dosis yang sesuai menjadi pilihan utama terapi pada pasien scurvy. Apabila sudah terjadi kelainan bentuk pada tulang, dapat dilakukan perbaikan, baik secara terbuka maupun tertutup.

Scurvy dapat dicegah dengan konsumsi vitamin C yang berkecukupan.

Buah-buahan, seperti jeruk dan lemon, menjadi sumber makanan yang banyak mengandung vitamin C. Sayuran seperti tomat, kentang, brokoli, dan bayam juga dapat menjadi salah satu sumber vitamin C yang mudah kita jumpai sehari-hari.

Pada bayi, pemberian ASI menjadi pilihan utama sumber vitamin C. ASI mengandung vitamin C yang cukup bagi bayi apabila dibandingkan dengan produk susu lainnya.

Kami harap Anda sehat senantiasa.

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.