Memahami seluk beluk nyeri kaki akibat bunion atau hallux valgus

oleh : dr. Astuti Pitarini, Sp.OT

Apakah bunion itu?

Bunion adalah kelainan bentuk kaki di mana ibu jari kaki sedikit demi sedikit bengkok ke dalam dan mendesak jari-jari kaki yang lain sehingga menyebabkan nyeri dan kemerahan, terutama saat menggunakan sepatu tertutup dan berjalan lama. Tidak jarang, jari kaki kedua terlalu terdorong keluar sehingga bertumpukkan dengan ibu jari.

Mengapa bunion bisa terjadi?

Bunion disebabkan oleh banyak faktor, antara lain faktor genetik (70% pasien bunion ada keturunannya di anggota keluarga lain), lebih banyak terjadi pada wanita, pemakaian sepatu yang salah atau terlalu ekstrim dalam jangka panjang (sepatu hak tinggi ujung lancip), atau penyebab lain seperti arthritis degeneratif  dan kerusakan sendi karena usia.

Apakah gejalanya?

Gejala yang paling sering dilihat adalah bengkak kemerahan di sisi dalam ibu jari kaki dan nyeri dengan pemakaian sepatu tertutup. Kadang orang banyak mengira bunion adalah asam urat. Namun perlu dibedakan bahwa radang akibat asam urat biasanya merusak sendi dan harus mendapatkan terapi untuk mengatasi problema asam urat.  Pada bunion, nyeri dan radang dapat berkurang dengan pemakaian sepatu yang baik. Namun apabila bentuk kaki pada kondisi bunion sudah terlalu bengkok, pasien juga mengalami kesulitan untuk mencari sepatu tertutup yang tepat. Tidak jarang, pasien hanya dapat memakai sandal. Bila jari kedua sudah sangat terdesak akibat penekanan ibu jari kaki, tidak jarang pula pasien kesulitan memakai sandal jepit.

Apakah bunion itu berbahaya?

Bunion tidak berbahaya namun mengganggu aktivitas kita dan tentu saja pilihan sepatu yang dapat kita pakai menjadi sangat terbatas. Bila masih tahap ringan, sebaiknya segera memakai sepatu yang nyaman dengan ujung lebar agar bentuk kaki kita tidak berubah sejalan dengan waktu dan usia.

Apakah semua bunion harus dioperasi?

Tentu tidak. Dengan pemakaian sepatu yang baik (ujung lebar, ujung kotak, tidak menggunakan hak tinggi), maka nyeri akibat bunion dapat teratasi.  Hanya sebagian kecil bunion 20-30% yang tidak membaik terhadap modifikasi sepatu. Dalam hal demikian, tindakan operasi pengikisan bunion dapat menjadi salah satu pilihan.

                     Kaki pasca operasi bunion

Apakah yang harus saya pikirkan bila ingin menjalani operasi?

Tentunya periode pemulihan harus menjadi pertimbangan kita. Karena bunion merupakan kondisi pada kaki, bila kita ingin menjalani operasi, maka kita harus mendedikasikan waktu untuk beristirahat selama 6 minggu. Dalam periode pemulihan ini, pasien diharapkan mengurangi berjalan terlalu jauh >500 meter, memakai sepatu khusus dari rumah sakit, dan menjaga kebersihan agar tidak terjadi infeksi setelah operasi. Tidak jarang, di negara tropis yang lembab, luka operasi di kaki memerlukan waktu sembuh yang lebih lama dibandingkan di negara dingin yang kering. Sehingga akan lebih baik bila setelah operasi berada di ruangan yang dingin dan ber-AC.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kesehatan tulang kaki dan penanganan bunion atau hallux valgus, hubungi tim dokter orthopaedi kami di St. Carolus Bone and Joint Centre, Jakarta. Kami harap Anda sehat senantiasa.

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.