Pelayanan Lanjut Usia di RS St. Carolus

BERDASARKAN data kependudukan, penduduk Indonesia yang berusia lanjut pada 2017 sebesar 9,03 persen atau 23,66 juta. Sementara itu, pada 2020 diperkirakan akan terjadi peningkatan menjadi 27,08 juta dengan kecenderungan terus meningkat.

Yang dimaksud dengan lanjut usia (lansia) adalah seseorang yang berumur 60 tahun ke atas. Sementara itu, seorang lansia disebut geriatri apabila memiliki lebih dari satu masalah kesehatan, baik masalah fisik maupun psikis. Kelompok geriatri terrnasuk kelompok populasi risiko tinggi karena biasanya memiliki lebih dari satu masalah kesehatan dengan daya cadang fungsi organ tubuh serta kemampuan fungsional yang lebih rendah. Bila terkena penyakit sering kali menunjukkan gejala-gejala yang tidak khas sehingga dapat saja luput dari pengawasan.

Selain penyakit fisik, lansia rentan mengalami gangguan psikologis seperti depresi. Ada 14 kondisi yang sering terjadi pada lansla, yaitu immobility (gangguan gerak /aktivitas), instability (gangguan keseimbanqan dengan risiko jatuh), incontinence (ketidakmampuan mengontrol   fungsi berkemih), intellectual impairment (gangguan daya ingat kemampuan berpikir), infection (risiko infeksi meningkat), impairment of vision and hearing (gangguan penglihatan dan pendengaran), irritable colon (gangguan buang air besar), isolation (depresi), inanition (malnutrisi),  impecuniosity (kelemahan finansial), iatrogenesis (kecenderungan mengalami efek samping dari tindakan  pengobatan), insomnia (sulit tidur), immune deficiency (daya tahan tubuh berkurang), dan impotence (impotensi).

Sebagian lansia juga tidak dapat atau tidak mau mengungkapkan secara jelas gangguan kesehatan yang mereka alami. Entah karena tidak mau mengganggu/merepotkan anggota keluarganya menganggap masalah yang dihadapinya merupakan masalah yang biasa pada orang tua sehingga sering kali luput dari perhatian tenaga kesehatan bahkan dari keluarganya sendiri.

Untuk itu, RS St. Carolus hadir untuk membantu meringankan masalah-­masalah pada lansia dengan menyediakan Pelayanan Geriatri Terpadu. Tim Geriatri Terpadu terdiri atas berbagai macam profesi seperti dokter, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis rehabilitasi  medik, dokter spesialis kesehatan jiwa, dokter spesialis gizi klinik, perawat, fisioterapis, ahli gizi, farmasi, dan petugas sosial medis. Adapun pelayanan kesehatan yang disediakan sebagai berikut.                                                                            

Klinik Geriatri. Di Klinik Geriatri, dokter akan melakukan pemeriksaan lengkap dan menyeluruh pada pasien geriatri dengan menggunakan Pengkajian Paripurna Pasien Geriatri. Melalui pemeriksaan ini, masalah-masalah kesehatan pada geriatri akan dapat diidentifikasi untuk selanjutnya dilakukan penanganan yang sifatnya terpadu. Bila dianggap perlu untuk kasus tertentu dapat dilakukan pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan laboratorium dan radiologi. Pasien juga dapat dirujuk ke dokter spesialis terkait.

Klinik Asuhan Siang (day care). Pelayanan di klinik ini membantu keluarga pasien untuk mengisi waktu lansia dengan memberikan aktivitas fisik, seperti senam lansia, latihan kognisi, dan sosialisasi sesama lansia, edukasi kesehatan, dan berbagai aktivitas lainnya sehingga lansia diharapkan tidak hanya berdiam diri dan kesepian di rumah, tapi juga dapat memiliki aktivitas yang lebih bermakna.

Rawat Inap. Untuk pasien geriatri yang dalam kondisi sakit dan membutuhkan rawat inap akan mendapatkan pelayanan dari tim geriatri terpadu ataupun dari spesialis lain jika dibutuhkan, tergantung  dari kondisi pasien pada saat penilaian oleh dokter. Rawat inap geriatri berbeda dalam hal kemampuan fungsional pasien yang  selalu diusahakan agar dapat optimal sesuai denqan kondisi penyakitnya dan tata laksana yang lebih terpadu.

Pelayanan Kunjungan Rumah. Pasien lansia yang karena kondisinya memerlukan perawatan di rumah akan dilakukan kunjungan secara periodik oleh perawat yang berpengalaman dalam pengawasan dokter.

Pelayanan ini diharapkan membawa kebahagiaan bagi orang tua yang kita kasihi dan membuat masa tua mereka lebih berarti.

Untuk mendapatkan Pelayanan Geriatri, Anda  dapat menghubungi call centre (021) 23567990.  

Klinik Geriatri buka Senin-Sabtu  pukul 08.00-12.00 WIB.

Klinik Asuhan Siang buka Jumat pukul 08.00-12.00 WIB.

Kami harap Anda sehat senantiasa.

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.