BERITA & ARTIKEL - KEGIATAN & PROMOSI

ST. CAROLUS BERITA & ARTIKEL

SEMINAR "WASPADA BAHAYA CMV"

Apa itu CMV? Mengapa dia disebut juga sebagai Silent Global Burden?

Post on 23 August, 2018

Jakarta – 22 Juli 2017 RS St. Carolus mengupas tuntas materi yang jarang dikenal oleh masyarakat awam akan tetapi memiliki penyebaran yang luas sehingga  disebut Silent Global Burden dengan tema “Waspada Bahaya CMV pada Anak dan Ibu Hamil”. Apa itu CMV? CMV adalah sitomegalovirus yang ditularkan dari wanita hamil kepada anak dikandungannya dan berpotensial bahaya terhadap tumbuh kembang anak berupa gangguan pendengaran. Sehingga yang menjadi sasaran dari peserta seminar CMV ini adalah para Ibu dan calon Ibu yang dihadiri lebih kurang 100 peserta awam.

CMV juga dikenal sebagai “Silent Virus” karena kejadiannya sebagian besar bayi dengan CMV tampak sehat saat lahir. Seminar yang berlangsung di Auditorium RS St. Carolus ini dipresentasikan oleh dua dokter spesialis kebidanan & kandungan, dan spesialis anak yaitu dr. Ivanna Theresa S., SpOG dan dr. Maria Martina Siboe, SpA.

Proses seminar yang berlangsung dari pukul 09.00 – 10.00 WIB ini berjalan dengan lancar, bermanfaat. Tingginya rasa ingin tahu dan keantusiasan peserta tentang CMV terlihat jelas pada sesi tanya jawab, salah satunya adalah pertanyaan Ibu Sarifah “Apa yang harus dilakukan jika Ibu dengan CMV ingin memberi ASI Ekslusif dan bagaiaman pasteurisasinya?”, dr. Maria Martina Siboe, SpA menjawab “hal tersebut tergantung berat dan tinggi badan bayi pada saat lahir, jika aterm diperbolehkan memberikan ASI Ekslusif tetapi jika premature tidak diperbolehkan, untuk kriteria pemberian ASI yaitu pasteurisasi dan ASI donor. Pasteurisasi akan membuat kandungan ASI berkurang”.

Tidak luput kehadiran para Ibu Kader memberikan manfaat yang lebih terhadap pengembangan pengetahuan dan informasi mengenai CMV dengan menyuluhkan cara penularan, dan terutama cara pencegahan agar anak dan Ibu hamil tidak terkena virus CMV bagi masyarakat awam yang datang ke Posyandu RT/RW setempat tanpa harus menghadiri seminar tersebut.

Penularan CMV dapat dicegah dengan cara mencuci tangan  setelah mengganti popok anak dan sebelum makan, perlu diketahui cara mencuci tangan yang benar sehingga membantu menghilangkan atau membunuh kuman penyakit, dan melepaskan kotoran secara menyeluruh dari kulit, tetapi tidak sedikit masyarakat yang belum mengetahui cara mencuci tangan yang benar oleh karena itu seminar ini menghadirkan Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RS St. Carolus mengedukasi secara praktek cara mencuci tangan dengan baik dan benar sesuai standart WHO (World Health Organization), menarik sekali materi dan seminar ini membawa edukasi berkepanjangan yang dapat diterapkan pada daycare.

Seminar awam ini juga dimeriahkan dengan banyaknya doorprize dan paket yang dinantikan oleh peserta seminar yaitu pemberian  paket voucher gratis pemeriksaan tumbuh kembang anak dan paket pemeriksaan CMV Awareness di RS St. Carolus.