BERITA & ARTIKEL - KEGIATAN & PROMOSI

ST. CAROLUS BERITA & ARTIKEL

Apa Itu Ganglion?

Oleh: dr. Bagus Pramantha Wijaya, SpOT dan Lucius Aristo Kane

Post on 08 February, 2022

PERNAHKAH Anda melihat orang dengan benjolan pada pergelangan tangan? Atau mungkin Anda pernah mengalaminya sendiri. Benjolan tersebut dikenal dengan kista ganglion.

Anda tidak perlu takut karena ganglion adalah tumor jinak yang tumbuh di area sendi atau selubung yang menghubungkan otot  dengan tulang (tendon). Benjolan ini berisi air dan paling sering ditemukan pada persendian tangan, terutama pergelangan tangan, dan ankle.

Penyebab dari kista ganglion belum diketahui. Kista ganglion dapat terjadi pada segala usia, terutama pada usia 20–40 tahun dan lebih banyak ditemukan pada perempuan.

Kista ganglion dapat muncul, menghilang, atau berubah ukuran dengan cepat seiring dengan meningkatnya aktivitas pada sendi tersebut. Ukuran dapat bulat ataupun lonjong sebesar kacang polong hingga diameter sebesar 2,5 sentimeter. Umumnya tidak ditemukan gejala, tetapi nyeri dapat ditemukan apabila kista menekan saraf.

Anda dapat memeriksakan diri ke dokter apabila benjolan mengganggu. Penanganan utama yang dianjurkan oleh dokter umumnya untuk imobilisasi atau mengurangi pergerakan pada sendi terkait. Splint juga dapat digunakan untuk menyokong pergerakan sendi.

Prosedur aspirasi atau pembuangan cairan dalam benjolan dengan menggunakan jarum merupakan pilihan pengobatan selanjutnya. Pembedahan menjadi opsi apabila penanganan di atas tidak membuahkan hasil. Kista ganglion dapat terjadi berulang, bahkan setelah pembedahan. Anda dapat konsultasi ke Rumah Sakit St. Carolus Bone and Joint Center.

Kami harap Anda sehat senantiasa.