Bentuk Kaki Anak X atau O?

Oleh: dr. Bagus Pramantha Wijaya, SpOT dan Lucius Aristo Kane

PERNAHKAH Anda melihat kaki anak yang bengkok, membentuk huruf X atau O? Kondisi tersebut dikenal dengan Rakitis (rickets).

Rakitis adalah kelainan pertumbuhan tulang yang disebabkan kurangnya vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan fosfat untuk pertumbuhan tulang yang optimal. Rakitis umumnya mulai terlihat pada anak-anak usia 6 bulan sampai 3 tahun, ketika masa pertumbuhan tulang harus optimal.

Kekurangan vitamin D menyebabkan tulang menjadi rapuh dan lunak, pertumbuhan terhambat dan pada kasus berat dapat terjadi deformitas tulang. Kekurangan vitamin D dapat dialami pada lingkungan yang kurang sinar matahari atau diet vegetarian (tidak mengonsumsi ikan, telur, dan susu).

Namun, ada juga jenis rakitis yang sifatnya genetik atau keturunan. Gejala yang muncul adalah nyeri pada tulang (terutama tungkai dan panggul), kaki tampak bengkok, tubuh menjadi pendek, mudah patah tulang, dan dapat disertai pertumbuhan gigi yang terlambat.

Segera periksakan ke dokter bila anak Anda menunjukkan gejala rakitis. Anda dapat memeriksakan ke Rumah Sakit St Carolus Bone and Joint Center. Bila tidak segera ditangani, pertumbuhan anak dapat terganggu.

Penanganan awal yang dapat dianjurkan adalah menjemur anak di bawah sinar matahari, memberikan makanan kaya kalsium dan vitamin D (ikan, telur, susu), atau vitamin D dapat diberikan secara suplemen. Bila rakitis sudah sampai menyebabkan kelainan tulang, dokter akan menyarankan penggunaan alat penyangga untuk menunjang pertumbuhan anak. Apabila sudah parah, operasi dapat dianjurkan untuk memperbaiki bentuk tulang.

Kami harap Anda sehat senantiasa.

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.