Nyeri Kaki setelah Beraktivitas, Sudah Betulkah Sepatu Anda?

dr. Fidia Tania & dr. Astuti Pitarini, SpOT

SEPATU berperan penting dalam memberikan proteksi kaki dari berbagai faktor eksternal seperti aspal yang panas, benda atau kerikil tajam, serta kenyamanan untuk berjalan jarak jauh. Sejak tahun 1600-an, penggunaan sepatu yang awalnya hanya untuk melindungi kaki, berangsur-angsur berubah fungsi menjadi bagian dari gaya hidup dan mode untuk menunjang penampilan. Namun, pernahkah Anda melakukan evaluasi berbagai variasi sepatu yang dipakai sehari-hari?

Apakah bentuk sepatu sama dengan bentuk kaki Anda? Banyak sepatu yang memiliki ujung terlalu lancip dan sempit serta bahan yang terlalu sempit dan tidak protektif sehingga tidak jarang menyebabkan nyeri, kapalan, dan lecet pada kaki. Bila bisa melihat bentuk ujung-ujung jari kaki tercetak di luar sepatu, mungkin Anda telah memilih sepatu yang salah.

Hampir 80 persen dari problem masalah kaki terjadi karena penggunaan sepatu yang salah. Survei yang dilakukan oleh Burns dan kawan-kawan menyebutkan, 72 persen populasi berusia di atas 60 tahun memakai sepatu yang terlalu kecil.

Berikut ini berbagai macam kondisi yang dapat disebabkan akibat pemakaian sepatu yang salah.

•    Bunion (kelainan bentuk ibu jari kaki)

•    Plantar fasciitis (nyeri tumit)

•    Metatarsalgia (nyeri pada bagian telapak kaki depan)

•     Morton’s neuroma (peradangan saraf akibat menggunakan sepatu terlalu ketat)

•     Bursitis (peradangan di sekitar persendian jaringan lunak, seperti ibu jari kaki atau mata kaki)

•    Achilles tendinitis (nyeri dan peradangan otot betis)

•     Onychokryptosis (kelainan bentuk kuku akibat pemakaian sepatu yang terlalu ketat dan terlalu lancip)

•     Subungual hematome (perdarahan di bawah kuku akibat penggunaan sepatu olahraga yang terlalu sempit, sering terjadi pada pelari jarak jauh)

•     Corn dan callus (sering disebut kapalan, disebabkan tekanan tidak simetris misalnya penggunaan sepatu berhak tinggi lebih dari 10 sentimeter).

 

Untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai keluhan pada kaki Anda, silakan berkonsultasi dengan tim dokter kami di RS St Carolus Bone and Joint Center Jakarta. Kami harap Anda sehat senantiasa.

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.