Nyeri Punggung Bawah? Stenosis Spinal Vs Hernia Nukleus Pulposus

Oleh: dr. Bagus Pramantha Wijaya, SpOT dan dr. Lucius Aristo Kane

NYERI punggung bawah (low back pain atau disingkat LBP) merupakan hal yang cukup sering terjadi di kalangan masyarakat. Punggung merupakan struktur penopang tubuh saat berdiri ataupun bergerak, tersusun dari tulang, otot, saraf, dan bantalan tulang punggung (diskus). Terdapat dua penyebab terbanyak, yaitu stenosis spinal dan hernia nukleus pulposus (HNP).

Pertama, stenosis spinal adalah penyempitan pada tulang punggung yang menyebabkan diskus menjadi tertekan sehingga kapsul diskus menekan saraf sekitar. Hal ini umumnya dipengaruhi faktor usia (>50 tahun), yaitu terjadi peradangan sendi tulang punggung (osteoartritis) sehingga menyebabkan penyempitan antartulang.

Kedua adalah HNP, yaitu terjadi robekan pada kapsul diskus menyebabkan inti diskus menonjol keluar dan menekan saraf. HNP juga dapat disebabkan faktor usia. Namun, umumnya dapat terjadi ketika mengangkat beban berat yang menumpu pada punggung sehingga saat rotasi punggung menyebabkan kapsul robek dan inti diskus keluar.

Gejala yang dapat dirasakan dari kedua kondisi tersebut serupa, yaitu nyeri menjalar, baal, serta kelemahan anggota gerak. Anda harus memeriksakan diri ke dokter jika terdapat gejala tersebut karena kondisi dapat semakin memburuk bila tidak ditangani. Anda dapat periksa ke Rumah Sakit St Carolus Joint and Bone Center, pemeriksaan seperti sinar-X dan MRI mungkin diperlukan.

Beberapa kasus dapat membaik spontan dan hanya butuh fisioterapi untuk melenturkan dan memperkuat otot punggung. Kasus yang lebih berat dapat memerlukan pengobatan, seperti antinyeri, steroid, dan apabila tidak kunjung membaik operasi minimal invasive sampai open dapat menjadi pilihan.

Kami harap Anda sehat senantiasa.

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.