Patah Tulang pada Anak

Oleh: Leonard Christianto Singjie dan dr. Bagus Pramantha, Sp OT

CEDERA merupakan hal wajar yang pernah dialami oleh semua anak. Kreativitas, rasa ingin tahu, dan tingginya tingkat aktivitas pada anak membuat anak rentan terhadap cedera. Salah satu jenis cedera yang dapat terjadi pada anak adalah patah tulang. Patah tulang terjadi pada 10–15 persen kasus cedera yang terjadi pada anak.

Tulang pada anak memiliki perbedaan dibandingkan dengan dewasa sehingga patah tulang pada anak memerlukan penanganan khusus. Tulang anak cenderung lebih elastis apabila dibandingkan dengan tulang dewasa.

Patah tulang dapat terjadi secara keseluruhan ataupun sebagian. Pada patah tulang, gejala yang dirasakan oleh anak adalah nyeri pada lokasi cedera disertai dengan pembengkakan dan warna kemerahan.

Selain itu, ditemukan kelainan bentuk pada tulang apabila dibandingkan dengan sisi yang sehat. Anak kesulitan untuk menggerakkan tulang secara normal. Pada pemeriksaan lanjut, dapat dilakukan pemeriksaan radiologis untuk memastikan lokasi dan jenis patah tulang.

Jangan khawatir, tulang anak memiliki sel pertumbuhan yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan orang dewasa, sehingga patah tulang pada anak lebih mudah sembuh. Stabilisasi menjadi kunci utama dari penyembuhan patah tulang.

Stabilisasi dengan menggunakan balut sering kali menjadi pilihan utama terapi pada patah tulang anak. Stabilisasi dengan pemasangan gips maupun “pen” dapat dipakai sesuai dengan indikasi. Pemasangan gips dilakukan tanpa melalui operasi sedangkan pemasangan “pen” dilakukan melalui operasi.

Sebagai orangtua, Anda tidak perlu panik apabila terjadi patah tulang pada anak. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, tulang pada anak dapat kembali seperti sedia kala. RS St Carolus – Bone and Joint Center siap membantu Anda menyelesaikan patah tulang yang anak Anda alami.

Semoga Anda sehat senantiasa.

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.