Pentingnya Tetap Beraktivitas saat Pandemi Covid-19

Oleh: dr. Bagus Pramantha Wijaya, SpOT dan Lucius Aristo Kane

PANDEMI Covid-19 membuat ruang gerak terbatas sehingga aktivitas fisik menjadi sangat penting. Rutin beraktivitas fisik memiliki keuntungan berupa menjaga berat badan dan menurunkan risiko penyakit, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker.

Aktivitas fisik tidak selalu dalam bentuk olahraga. Anda dapat mulai dengan mengurangi waktu duduk meskipun sedang dalam pekerjaan, belajar, menonton TV, membaca, atau bermain ponsel.

Berdiri sejenak dan lakukan peregangan tubuh (stretching), berjalan, atau naik-turun tangga selama 3–5 menit setiap 20–30 menit. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan mengurangi ketegangan otot.

Anda sebaiknya juga melalukan olahraga, cobalah membuat jadwal rutin setiap hari. Anda dapat melakukannya bersama keluarga atau teman dengan mengikuti kelas daring (online) selama pandemi Covid-19.

Rekomendasi lama waktu berolahraga bagi usia di bawah 5 tahun cukup melakukan kegiatan atau aktivitas yang menurutnya menarik sepanjang hari untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Usia 6–17 tahun minimal selama 60 menit per hari dengan melakukan olahraga untuk mengencangkan otot (push-up dan sit-up) serta memadatkan tulang (lompat tali, lari, joging).

Usia di atas 18 tahun minimal 150 menit per minggu dengan minimal pembagian 2 kali per minggu, olahraga minimal yang dianjurkan adalah intensitas sedang (jalan dan joging).

Ingatlah untuk tetap jaga diri Anda ketika berolahraga saat Covid-19. Jangan berolahraga bila Anda sakit (demam, batuk, dan sulit bernapas). Istirahatlah di rumah dan ke dokter bila keluhan berat.

Apabila Anda dapat berolahraga di ruangan terbuka, seperti jalan di lapangan atau kompleks rumah dan bersepeda, ingatlah untuk menjaga jarak (physical distancing) dan cuci tangan segera dengan sabun atau hand sanitizer.

Mulai olahraga perlahan dari intensitas rendah, 5–10 menit per hari dan tingkatkan perlahan hingga 30 menit dalam beberapa minggu. Yang terpenting adalah pilihlah aktivitas apa pun yang Anda senangi karena lebih baik melakukannya daripada tidak sama sekali.

Semoga Anda sehat senantiasa.

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.