BERITA & ARTIKEL - KEGIATAN & PROMOSI

ST. CAROLUS BERITA & ARTIKEL

Posisi dan Postur Tubuh yang Baik untuk Bersepeda

Oleh: dr. Bagus Pramantha Putra Wijaya, SpOT dan Lucius Aristo Kane

Post on 21 February, 2022

BERSEPEDA merupakan salah satu bentuk olahraga yang banyak dilakukan oleh seluruh masyarakat. Pada masa Covid-19 ini, angka pengguna sepeda meningkat secara signifikan. Ada baiknya Anda juga mengetahui posisi dan postur tubuh yang baik untuk bersepeda agar tidak terjadi cedera yang tidak diinginkan.

Waktu lama duduk bersepeda dapat memicu nyeri punggung bawah (low back pain). Anda harus memperhatikan posisi pegangan (handle) sepeda agar tidak terlalu rendah atau posisi kursi yang terlalu tinggi. Apabila Anda merasa nyeri pada punggung bawah, istirahatlah sebentar dengan meregangkan badan terlebih dahulu.

Posisi pegangan sepeda rendah dan kursi yang tinggi juga membuat beban lebih besar pada tubuh bagian atas, sehingga bertumpu pada pergelangan tangan lebih berat. Hal ini juga dapat menyebabkan nyeri pada pergelangan tangan akibat saraf yang tertekan.

Sebaliknya, apabila posisi duduk sepeda yang terlalu rendah dapat menyebabkan nyeri lutut. Posisi duduk yang terlalu rendah dapat menimbulkan gerakan kaki menjadi ke arah luar saat menggowes sepeda.

Hal ini menimbulkan penekanan berlebih pada lutut ketika menggowes sehingga menjadi nyeri. Hal ini juga tidak nyaman bagi otot karena dapat menimbulkan peregangan otot berlebih akibat beban kaki lebih besar untuk menggowes.

Anda sebaiknya mengatur posisi pegangan (handle) dan kursi dengan nyaman  sehingga tidak  menimbulkan pergerakan yang salah ataupun beban berlebih pada bagian tubuh tertentu untuk menghindari cedera. Apabila keluhan tidak kunjung membaik setelah beristirahat, Anda dapat konsultasikan di Rumah Sakit St Carolus Joint and Bone Center.

Kami harap Anda sehat senantiasa.