Sering Menarik Tangan Anak? Hati-hati Dislokasi

Oleh: dr. Bagus Pramantha, SpOT dan Leonard Christianto Singjie

DISLOKASI merupakan sebuah kondisi tulang atau sendi bergeser dari posisi seharusnya. Dislokasi dapat terjadi di seluruh sendi pada bagian tubuh manusia, baik sendi jari, sendi bahu, sendi lutut, maupun sendi-sendi lainnya. Salah satu dislokasi yang sering terjadi pada anak adalah dislokasi pada sendi siku, yang dinamakan nursemaid’s elbow.

Nursemaid’s elbow terjadi karena adanya proses penarikan secara memanjang pada tangan anak secara tiba-tiba. Selain karena tarikan secara tiba-tiba, dislokasi bisa terjadi akibat anak terjatuh.

Kedua hal tersebut menyebabkan ligamen terlepas dari tulang. Pada anak usia 5 tahun atau lebih, hal ini lebih jarang terjadi karena ikatan ligamen dan tulang yang lebih kuat.

Pada saat terjadinya dislokasi, suara “klik” mungkin terdengar atau dirasakan oleh penarik. Anak kemudian menjadi malas menggerakkan siku yang terkena dislokasi dan cenderung menahan siku dalam posisi 90 derajat. Penanganan pada dislokasi sendi siku dapat dilakukan dengan reduksi tertutup sehingga tindakan operasi sering kali tidak diperlukan.

Sebagai orangtua, Anda tidak perlu panik apabila terjadi dislokasi pada anak Anda. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, sendi pada anak dapat kembali seperti sedia kala. RS St Carolus – Bone and Joint Center siap membantu Anda menangani dislokasi sendi yang anak Anda alami.

Semoga Anda sehat senantiasa.

Layer_1(11)
Reservasi
Layer_1(11)
Reservasi

You cannot copy content of this page

Scroll to Top
Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Halo Sahabat Sehat Carolus 🥰

Terima kasih atas kepercayaannya terhadap RS St. Carolus. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas, dokter & tenaga medis profesional serta, fasilitas lengkap & canggih.